16 Subsektor Ekonomi Kreatif di Bidang Televisi dan Radio

16 Subsektor Ekonomi Kreatif di Bidang Televisi dan Radio

Industri broadcasting seperti televisi dan radio memiliki beberapa bidang karir yang menunjang perekonomian kreatif di negeri ini. Setidaknya ada 16 subsektor ekonomi kreatif televisi dan radio yang memberikan hiburan dan memuaskan masyarakat di dunia saat ini.

Ada banyak jenis pekerjaan di broadcasting televisi dan radio mulai dari pembawa berita hingga kameramen. Semuanya berkecimpung dalam industri kreatif yang juga berkontribusi pada perekonomian negara ini. Berikut adalah beberapa bidang pekerjaan di dunia broadcasting televisi dan radio:

16 Subsektor Ekonomi Kreatif di Bidang Televisi dan Radio

1.     News Anchor

News Anchor adalah ‘wajah’ dari stasiun televisi dan radio yang memberikan informasi peristiwa terkini selama siaran TV atau radio berlangsung.

Untuk menjadi news anchor, seseorang harus bisa mengembangkan public speaking yang menarik dengan menyempurnakan keterampilan membaca berita.

2.     Produser Acara

Pekerjaan produser adalah mengembangkan semua konten yang diperlukan untuk membuat sebuah program TV yang bagus. Produser mempunyai tugas  mencari narasumber program acara, membuat skrip, dan pengembangan cerita untuk ditampilkan di dalam TV atau radio.

3.     Seniman Grafis

Seorang seniman grafis adalah orang yang mendesain semua logo, peta, gambar chyron, identifikasi sepertiga bagian bawah, bug stasiun, dan sebagian besar gambar yang digunakan selama live show di televisi. Seniman grafis  merupakan karir yang dibutuhkan di dunia broadcasting.

4.     Editor Video

Editor video bertugas menerima dan mengedit semua rekaman mentah yang digunakan selama siaran berita. Editor video bertanggung jawab untuk mengedit hasil rekaman video untuk dikirim kembali ke stasiun televisi.

5.     Kameramen

Kameramen biasanya bekerja di setiap lokasi berbeda untuk mengambil tayangan atau merekam acara. Kameramen juga dapat berada di lapangan bersama news anchor untuk meliput sebuah peristiwa yang perlu dilaporkan secara live di televisi.

6.     Marketing Manager

Industri broadcasting juga merupakan bisnis dan harus menghasilkan pendapatan melalui penjualan iklan. Posisi ini sangat penting dalam sektor televisi dan radio karena hampir semua pendapatan berasal dari iklan.

Marketing Manager memiliki tanggung jawab untuk merekrut dan mengembangkan staf penjualan yang kuat. Pengetahuan tentang tren pasar dan audiens target adalah sesuatu yang harus selalu dipahami oleh marketing manager.

7.     Teknisi  Studio

Teknisi studio adalah pekerjaan yang bersifat teknis karena bertanggung jawab dalam memaintenance peralatan dalam produksi audio dan lain-lain. Pencahayaan studio, konsol audio, dan kamera studio adalah beberapa pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang teknisi.

8.     Teknisi Pencahayaan

Syuting program televisi apapun, pencahayaan yang baik sangat penting untuk menciptakan suasana yang tepat. Hal itulah yang perlu diperhatikan oleh seorang teknisi pencahayaan dalam setiap proses produksinya.

Ia tidak hanya bertugas mengangkat peralatan pencahayaan yang berat, namun harus memiliki bakat kreatif.

9.     Sinematografer

Sinematografer adalah sutradara fotografi yang bekerja sama dengan sutradara film untuk mewujudkan adegan yang sejalan dengan visi. Tugasnya adalah mengelola kamera dan kru pencahayaan, membuat keputusan artistik dan teknis, serta meninjau rekaman dalam tahap pasca produksi.

10.  Penyiar

Di radio, ada seorang penyiar yang menjadi tombak dari kehidupan radio itu sendiri. Kehadiran seorang penyiar sangat penting untuk memandu beberapa program di radio dan menemani banyak pendengar dengan musik dan ocehan-ocehannya.

11.  Penulis Berita

Penulis berita adalah orang yang menyiapkan berita untuk dibaca oleh pembawa berita. Pembawa  berita bertanggung jawab untuk menulis berita dalam siaran berita live. Bekerja di bidang ini harus memiliki keterampilan menulis yang bagus, cepat dan tepat.

12.  Direktur Berita

Direktur berita adalah orang yang mengontrol apa saja berita yang dibaca oleh news anchor. Direktur berita harus memilah berita paling penting yang akan menarik perhatian penonton. Pekerjaannya adalah memantau reporter dan news anchor.

13.   Music Director

Music director bertanggung jawab untuk mencari musik terbaru yang sedang booming di pasaran. Tugasnya juga menerima rekaman baru dari label rekaman dan berkoordinasi dengan Direktur Program untuk menjadwalkan program radio.

14.  Program Director

Program director bertugas melakukan riset program radio apa yang cocok untuk ditampilkan kepada para pendengar. Program director harus menemukan selera pasar saat ini agar program radionya bisa berhasil dan merebut hati para pendengarnya.

15.  Direktur Berita Olahraga

Radio memahami bahwa pendengarnya membutuhkan update tentang berita olahraga lokal atau olahraga internasional yang sedang populer. Pekerjaan direktur berita olahraga adalah memberikan kabar terbaru tentang kejadian langsung mengenai acara olahraga.

16.  Editor Audio

Editor audio bekerja dengan rekaman mentah pasca produksi untuk menyusun hasil program radio yang sesuai untuk dirilis. Editor audio akan sering bekerja sama dengan Music Director dan Program Director radio untuk memastikan pekerjaan mereka sejalan dengan maksud program radio.

Sebenarnya, masih banyak lagi jenis pekerjaan di sektor televisi dan radio yang membangkitkan ekonomi kreatif untuk negeri ini.

Namun, setidaknya 16 subsektor ekonomi kreatif di bidang televisi dan radio yang sudah dijelaskan di atas sudah cukup mewakili betapa kehadiran pekerjaan ini sangat penting untuk industri hiburan.