4 Manfaat Minum Kopi Sebelum Beraktivitas

4 Manfaat Minum Kopi Sebelum Beraktivitas

Ada sebagian orang yang selalu mengonsumsi kopi sebelum beraktivitas. Ternyata, ada beberapa manfaat minum kopi ini yang memberikan kebaikan dalam hidup terutama sebelum aktivitas dilakukan. Berikut ini informasi lengkapnya.

1.  Atasi Kantuk di Pagi Hari

Pada umumnya, bangun pagi hari terasa berat terutama bagi Anda yang suka begadang. Sebelum beraktivitas terutama di pagi hari, ada baiknya Anda meminum kopi agar rasa kantuk ini hilang. Hal ini dikarenakan di dalam kopi mengandung kafein yang salah satu manfaatnya bisa menstimulasi otak agar tetap terjaga.

Sifat kafein yang sebagai stimulan ini akan diserap darah dan dialirkan ke otak. Pada saat kafein sudah berada di dalam otak, kafein akan bekerja dengan cara memblokir senyawa bernama adenosin.

Saat pemblokiran ini mengakibatkan senyawa lain seperti norepinefrin dan dopamin dilepaskan. Inilah yang memberikan efek selalu terjaga dan waspada serta kelelahan jadi hilang.

2.  Kinerja Fisik Meningkat

Saat rasa kantuk sudah hilang, Anda menjadi lebih segar dan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Terutama bagi Anda yang bekerja mengandalkan kekuatan fisik, kinerja Anda akan semakin meningkat. Begitu juga saat Anda melakukan olahraga.

Olahraga yang bagus adalah olahraga yang dilakukan setiap pagi antara pukul 6 pagi hingga pukul 9 pagi. Tentu dengan paparan sinar matahari pagi Anda bisa mendapatkan vitamin D yang baik untuk tubuh. Namun, apabila tubuh masih terasa lemas atau Anda terlalu tidak bersemangat, ada baiknya Anda mengonsumsi sedikit kopi meskipun hanya separuh gelas.

Pasalnya, minum kopi ini dapat membantu Anda lebih bertenaga saat hendak berolahraga. Hal ini dikarenakan adanya zat kafein, terutama dalam kopi asli tanpa campuran apapun, yang meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah. Dengan begitu, manfaat olahraga bisa Anda dapatkan dengan baik.

3.  Bakar Lemak

Manfaat minum kopi selanjutnya adalah diyakini untuk membakar lemak. Tentu informasi ini merupakan kabar baik bagi Anda yang sedang melakukan diet seimbang. Zat kafein jugalah yang berperan dalam proses ini.

Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh departemen nutrisi Universitas London bahwasanya kafein dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 3 sampai 11 persen.

4.  Antioksidan Meningkat

Antioksidan membantu dalam proses pertahanan sistem kekebalan tubuh dari serangan radikal bebas. Salah satu kandungan antioksidan ini bisa dipicu dari mengonsumsi kopi. Tentu hal ini termasuk hal baik terutama sebelum beraktivitas di luar rumah. Selain mengandung antioksidan, minuman kopi juga mengandung vitamin B2, B3, B5, mangan, potasium dan magnesium untuk keperluan tubuh.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat minum kopi yang baik dikonsumsi sebelum beraktivitas. Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih minimal sehari 1 liter agar kandungan mineral dalam tubuh juga cukup terpenuhi. Hindari pengonsumsian kopi apabila Anda memiliki penyakit sakit perut seperti maag yang bisa parah dikarenakan terlalu banyak minum kopi.