5 Kerusakan yang Sering Terjadi pada Coffee Machine Otomatis

5 Kerusakan yang Sering Terjadi pada Coffee Machine Otomatis

Perawatan dan penggunaan yang salah pada coffee machine otomatis bisa meningkatkan risiko kerusakan. Penting sekali untuk memahami prosedur pemakaian juga perawatan yang tepat agar mesin ini bisa awet dipakai. Jenis kerusakan yang terjadi pun sangat beragam dan bisa merugikan Anda sendiri.

Kerusakan Mesin Kopi

Mesin kopi memiliki beberapa jenis komponen di dalamnya. Setiap komponen bisa saja mengalami kerusakan baik yang tergolong ringan hingga parah. Berikut akan dibahas 5 kerusakan atau masalah seperti apa saja yang sering terjadi pada mesin kopi otomatis Anda di rumah.

1.     Mesin Tidak Bisa Menyala

Banyak pengguna yang mengalami masalah mesin kopi enggan menyala seperti biasa. Hal ini bisa dipicu oleh banyak faktor dan salah satunya adalah konsleting pada power supply. Selain itu bisa juga terjadi karena kondisi overheat sehingga mengaktifkan safety thermal switch pada mesin. Pada mesin kopi otomatis dengan banyak tombol, kondisi ini juga bisa terjadi akibat kombinasi tombol yang salah.

2.     Tidak Bisa Mengalirkan Kopi

Pada kondisi tertentu ditemukan masalah mesin kesulitan untuk mengalirkan kopi. Kendala semacam ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya gilingan kopi terlalu padat atau bisa juga terjadi sumbatan pada saringan air. Proses pembersihan mesin yang tidak sempurna juga bisa menyebabkan hambatan sehingga hasil ekstraksi sulit mengalir.

3.     Aliran Kopi Terlalu Kencang

Bertentangan dengan masalah sebelumnya, coffee machine juga bisa menunjukkan kendala berupa aliran kopi yang terlalu deras. Kondisi ini bisa disebabkan oleh serbuk kopi yang digiling terlalu kasar. Jadi sangat penting untuk melakukan penggilingan hingga konsistensi yang paling pas. Perlu diperhatikan juga bahwa serbuk kopi yang dipakai seharusnya masih baru dan belum pernah diproses.

4.     Kebocoran

Salah satu masalah yang paling umum dikeluhkan para pengguna mesin kopi adalah adanya kebocoran. Apalagi untuk jenis mesin kopi otomatis berkapasitas besar yang memiliki banyak sistem kabel. Sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin guna melakukan deteksi dini jika terjadi kebocoran pada pipa-pipa yang ada dalam mesin.

5.     Hasil Ekstraksi Tidak Optimal

Penggunaan dan perawatan mesin kopi yang tepat memang sangat penting untuk diterapkan. Jika tidak, bisa terjadi penumpukan kotoran pada komponen mesin kopi Anda. Apa akibatnya? Kondisi ini bisa menyebabkan setiap komponen dalam mesin tidak bisa bekerja dengan baik dan hasil ekstraksi jadi tidak optimal. Bisa dilihat dari tekstur, kekentalan, hingga rasa yang dihasilkan setelah proses ekstraksi.

Setiap kerusakan atau masalah yang terjadi pada coffee machine Anda sebaiknya segera diatasi sedini mungkin. Layanan servis mesin kopi kini semakin mudah untuk ditemukan. Sebenarnya, tak perlu menunggu terjadi kendala. Anda bisa melakukan pemeriksaan atau servis secara rutin untuk memastikan semua komponen mesin dalam kondisi yang baik.