5 Tips Penting Cara Investasi Emas, Pemula Pun Bisa!

5 Tips Penting Cara Investasi Emas, Pemula Pun Bisa!

Semakin banyak orang yang menyadari kalau investasi itu penting. Tidak hanya menjadi pemasukan tambahan, investasi juga bisa bantu kamu melawan inflasi. Tabungan kamu pun akhirnya tidak berkurang nilainya. Tapi gimana sih cara investasi buat pemula?

Hari ini kita akan membahas tips-tips penting cara investasi emas.

Kenapa Emas?

Dibandingkan jenis investasi lain, emas mempunyai beberapa keuntungan. Investasi emas mempunyai risiko yang cenderung lebih rendah, keuntungannya pun lebih stabil per tahunnya, dan mudah jika mau dicairkan atau dijual.

Selain itu, belinya mudah. Jika dibandingkan investasi saham, kamu harus mengerti cara jual belinya. Kamu juga harus pandai memprediksi kenaikan atau menurunnya harga saham. Sementara untuk emas, kamu cukup membeli saja jika harga sedang turun.

5 Tips Cara Investasi Emas

Buat pemula, kamu cukup ikuti saja tips investasi emas berikut.

1. Refleksi dulu

“Emangnya kenapa aku perlu investasi emas?”

Jangan sok-sok investasi karena teman atau orang lain pada melakukannya. Pastikan kamu mempunyai tujuan atau alasan kenapa perlu berinvestasi.

Misalnya:

  • Ingin beli rumah atau mobil;
  • Buat biaya lanjut S2;
  • Perlu biaya persiapan nikah; atau
  • Investasi untuk dana pendidikan anak.

Jika kamu mempunyai alasan yang jelas, kamu pun lebih mudah dalam memilih cara investasi emas yang cocok buat kamu. Hal ini dikarenakan kamu jadi ada target nominal dan tenggat waktu yang harus dicapai.

2. Amati harga

Dengan mengamati harga emas yang ada di pasaran, kamu bisa melihat tren pergerakannya. Jika harganya memang masih tinggi, lebih baik untuk tidak membelinya terlebih dahulu. Kamu bisa mencari informasi tambahan melalui internet, bertanya pada ahli, atau menanyakan orang terpercaya yang sudah tahu cara investasi emas.

3. Cari tempat aman untuk beli

Banyak aplikasi dan tempat yang menawarkan penjualan emas. Namun, sebelum membeli, pastikan bahwa kamu mengecek penjualnya dulu:

  • Apakah mereka menjual secara resmi?
  • Sudah berapa lama mereka beroperasi?
  • Apakah harga yang mereka jual masih masuk akal jika dibandingkan dengan bank atau tempat lain? Atau sudah terbilang terlalu murah?
  • Bagaimana reputasi dan review mereka sejauh ini?

Lakukan perbandingan antara satu tempat dengan yang lainnya. Pastikan kamu tidak hanya membeli berdasarkan harga terbaik, tetapi juga kualitas dan seberapa terpercayanya tempat itu.

Bagaimana cara simpan emas?

Jika emas berbentuk fisik, maka sediakan brankas di rumah. Jika tidak punya, kamu bisa menaruhnya di layanan SDB (safe deposit box) yang disediakan di bank-bank terpercaya.

4. Pilih jenis emas yang sesuai

Ada berbagai jenis emas yang diperjualbelikan. Mulai dari logam mulia, emas batangan, hingga emas digital. Yang perlu kamu ingat adalah coba untuk tidak investasi dalam bentuk perhiasan. Hal ini dikarenakan harga jualnya akan cenderung rugi dibanding harga belinya.

Selain itu, cek keaslian emas jika kamu beli emas batangan. Hal ini bisa dicek melalui sertifikatnya. Biasanya di sana akan tertulis fineness atau nilai karatnya. Perhatikan juga fisik dari emasnya. Apakah warnanya berubah? Apakah memiliki kecacatan? Jika ya, ada kemungkinan mereka palsu.

5. Investasi hanya jika punya uang lebih

Tips terakhir tapi paling penting dari cara investasi emas adalah investasi hanya jika kamu punya uang lebih. Faktanya, investasi pun mempunyai risiko kerugian. Jika kamu menggunakan dana penting atau bahkan harus berhutang, lebih baik tidak usah investasi.

Daripada memaksakan investasi, lebih baik jika kamu fokus kepada melunasi cicilan dan/atau tagihan. Kemudian, sisihkan juga kebutuhan finansial dasar. Terutama dana darurat dan asuransi. Kamu butuh asuransi? Yuk, coba cek Instagram @superyouid