Bila Kamu Belum Tahu, Inilah Tujuan dari Menulis Daftar Pustaka

Bila Kamu Belum Tahu, Inilah Tujuan dari Menulis Daftar Pustaka

Bagi seseorang yang pernah melakukan penelitian ilmiah dan membuat laporan atau menulis hasil penelitian ilmiah tersebut, pastinya sudah familiar dengan adanya bagian daftar pustaka, bukan? Biasanya daftar pustaka ditulis di bagian akhir laporan penelitian. Daftar pustaka merupakan daftar yang berisi berbagai macam informasi dari berbagai macam jenis sumber yang dipakai selama peneliti melakukan penelitiannya. Disebutkan dalam laman daftarpustaka.org banyak orang yang beranggapan bahwa menulis daftar pustaka memang sudah menjadi sebuah kewajiban dan tidak tahu apa saja tujuan yang sebenarnya dimiliki.

Tujuan

Daftar pustaka tidak hanya tercantum sebagai pelengkap atau pemanis dari laporan penelitian. Ada tujuan tertentu dari pencantuman berbagai macam sumber di laporan penelitian. Beberapa di antaranya, yaitu:

  1. Plagiarisme

Beberapa tahun terakhir, isu plagiarisme merupakan salah satu isu yang cukup sensitif dan mendapat banyak komentar dari warga Indonesia. Para akademisi atau orang-orang yang terbiasa melakukan penelitian sempat merasa heboh ketika ada pelaku akademis ternama di Indonesia yang melakukan plagiarisme dalam jurnal penelitian yang dibuat. Dengan menulis daftar pustaka secara baik dan benar, kamu bisa menghindari anggapan orang tentang plagiarisme yang kamu lakukan. Bila ada orang lain yang mempermasalahkan anggapan dari hasil penelitian yang telah kamu lakukan, kamu bisa menunjukkan referensi apa saja yang mendukung hasil penelitianmu yang sebelumnya sudah tertera di daftar pustaka.

  1. Menghargai

Referensi yang kamu pakai dalam penelitian yang kamu lakukan tentu saja berasal dari buah pikir orang terdahulu yang melakukan penelitian. Dengan mencantumkan daftar pustaka sesuai dengan ketentuan yang berlaku, artinya kamu menghargai kerja keras yang telah dilakukan oleh peneliti yang argumennya kamu gunakan sebagai referensi. Cara ini sangat beretika dan menjunjung tinggi sopan santun dalam dunia ilmiah. Bayangkan betapa kecewanya peneliti lain yang argumennya kamu pakai untuk mendukung argumen atau hasil penelitian yang kamu lakukan, tapi tidak ada niat menghargai dengan cara menulis daftar pustaka.

  1. Pembaca laporan penelitian

Hal sederhana yang biasanya tidak terlalu dipikirkan adalah menulis daftar pustaka dengan benar menjadi salah satu langkah yang dilakukan untuk membantu pembaca laporan penelitianmu mendapat informasi lain yang lebih mendalam. Seringkali, membaca sebuah laporan penelitian akan memunculkan rasa ingin tahu tentang hal lain yang masih berkaitan dengan bidang yang dibahas dalam laporan. Dengan daftar pustaka, orang lain bisa dengan mudah mendapat referensi lain yang sesuai.

Semakin baik dan benar daftar pustaka yang kamu tulis, tentu saja semakin menunjukkan kredibilitas yang kamu miliki. Seorang peneliti dengan kualitas tinggi tidak akan asal menulis daftar pustaka yang berisi referensi yang bermanfaat untuk penelitian yang kamu lakukan. Argumen yang kamu tunjukkan dalam laporan penelitian juga menjadi lebih terpercaya ketika daftar pustaka ditulis dengan baik.