Property

Cara Desain Studio Musik Pribadi di Rumah

Membahas mengenai musik, pastinya keeluruhan orang menyukainya. Bedanya hanya pada genre musik yang disukainya. Berbeda halnya dengan mereka yang gemar memaiknan alat musik, baik secara individual maupun berkelompok. Pastinya mereka mengharapkan jika di rumah kesayangannya tersebut terdapat studio musik pribadi. Dikarenakan Anda tidak perlu repot lagi pergi ke studio musik di luar rumah. Nah, bagaimana cara desain studio musik? Daripada penasaran, simak ulasan lengkap berikut ini mengenai cara desain studio music di rumah.

Cara Desain Studio Musik Pribadi di Rumah

 

  • Cari Ruangan Khusus Studio Musik di Rumah

 

Tidak hanya menjadi sebuah pertimbangan saja, namun Anda harus segera menentukan kamar mana atau ruang mana yang akan dijadikan studio musik. Tentukan secara matang, dikarenakan Anda akan sering beraktifitas didalamnya. Disarankan pilih ruangan yang luas dirumah Anda atau ruangan paling nyaman menurut Anda.

 

Sebagai referensi atau gambaran, kebanyakan musisi ternama menempatkan studio musik pada bagian ruanga paling belakang atau di lantai 2. Yang terpenting tidak mengganggu aktifitas keluarga lainnya. Kenapa dibahasmengenai ukuran paling luas? Sebenarnya ukuran tidak terlalu diperhatikan, namuk jika personil band Anda terdiri dari lebih 5 orang pastinya akan gerah dan terasa tidak nyaman didalamnya.

  • Lapisi dengan Alat Peredam Suara

Namanya studio musik yang pasti identik dengan suara bising yang bisa mengganggu aktifitas keluarga Anda ataupun tetangga kanan kiri Anda. Pastikan Anda menambahkan alat kedap suara pada ruangan untuk meminimalisir suara yang memantul keluar. Alat kedap suara tidak harus mahal, bahannya cukup mudah diperoleh diantaranya, busa, karet, kayu, dan sejenisnya yang bisa Anda peroleh di toko sekitaran rumah.

  • Terapkan juga lantai karpet agar peredaman suara lebih efekti

Selain untuk memperindah lantai ruang studio musik Anda, karpet juga membantu untuk meredam suara semakin efektif. Tak hanya itu, Anda juga bisa menaruh kaca atau plastik pada sekitaran alat drum. Cara ini dinilai efektif dalam meminimalisir suara dentuman keras dari drum.

  • Memasukkan Perangkat Musik ke dalam Studio

Pastikan alat musik apa saja yang akan Anda masukkan pada ruangan. Tidak harus memaksakan mengenai kelengkapan alat musiknya. Sesuai pada umumnya saja, ada mix vocal, gitar melodi, gitar rytem, gitar bass, dan drum. Jika Anda memiliki keyboard, sexofon, dan sebagainya, bisa lebih bagus lagi. Tak hanya itu yang akan memenuhi ruang studio Anda, masih ada sound, ampli pada ruangan tersebut.

 

  • Dekorasi ruangan

 

Untuk semakin menyempurnakan kenyamanan studio musik idaman Anda, berikan desain menarik di dalamnya. Berikan warna karper pada lantai dan dinding dengan warna cerah seperti cream. Usahakan langit-langit juga diberikan warna putih terang, serta berikan pencahayaan lampu dengan watt besar untuk membantu agar ruangan nampak cerah.

 

Tambahkan hiasan dinding atau interior kamar bertema music pastinya. Anda bisa menempelkan poster musisi kebanggan Anda, atau replika gitar, trompet, atau symbal drum pada dinding untuk memperkental nuansa musiknya. Jangan lupakan Air Conditioner (AC) sebagai pengganti ventilasi udaha dalam ruangan.

Nah, demikian cara desain studio musik di rumah kesayangan yang bisa Anda terapka. Jika Anda merasa kurang maksimal mengikuti tips tersebut Anda bisa menambahkan ide kreatif untuk Anda luapkan pada desain studio musik impian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.