Cara Mengobati Diare Secara Alami Yang Wajib Diketahui

Cara Mengobati Diare Secara Alami Yang Wajib Diketahui

Menurut Halosehat.com, diare merupakan penyakit yang bisa dilihat dari berubahnya feses menjadi lembek hingga seperti cairan. Oleh sebab itu, orang yang terkena diare akan lebih sering pergi ke toilet untuk membuang feses. Selama feses masih lembek dan cair, maka tubuh kita akan terangsang untuk membuangnya. Hal ini akan berhenti terjadi apabila feses sudah kembali menjadi normal.

Orang yang terkena diare bisa disembuhkan secara alami. Namun, kamu bisa menggunakan obat secara alami jika diare yang terjadi padamu masih dalam tahap yang ringan. Obat alami ini agar tidak membuat diare yang kamu alami tidak semakin parah, menjadi kronis, dan menjadi akut. Karena jika diare yang kamu alami semakin parah, kamu harus segera memeriksakannya pada dokter.

Berikut ini merupakan ulasan mengenai cara mengobati diare secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah dengan mudah. Kamu pun bisa membuatnya secara langsung jika saat ini sedang mengalami diare, atau ada orang di sekelilingmu yang sedang mengalaminya. Yuk, disimak!

Membuat Oralit

Ketika sedang mengalami diare, kebanyakan orang akan membuat oralit yang memang mudah dibuat di rumah. Oralit sendiri adalah sebuah cairan yang bisa membuat feses menjadi tidak lembek atau cair lagi atau lebih mudahnya, mampu mengurangi cairan pada feses. Untuk cara membuat, sediakan air mineral yang matang sebanyak satu liter, satu sendok garam yang dilarutkan di dalam air mineral tersebut ditambah dengan 8 sendok gula, dan selesai. Penderita diare bisa meminum oralit tiga kali dalam sehari.

Mengonsumsi Elektrolit

Cara mengobati diare secara alami yang kedua ialah dengan mengonsumsi elektrolit. Bagi yang belum memahaminya, elektrolit merupakan kandungan zat yang tersedia pada air mineral. Akan tetapi, tidak semua air mineral mengandung elektrolit di dalamnya. Agar air mineral biasa mempunyai kandungan elektrolit, dibutuhkan sebuah alat yang tidak biasa atau khusus yang disebut dengan water energizer.

Maka dari itu, wajar saja jika harga air kemasan yang mengandung elektrolit lebih mahal dibandingkan dengan harga air mineral biasa. Tujuan dari mengonsumsi air dengan kandungan elektrolit adalah agar tubuhmu tidak akan kekurangan cairan. Karena orang yang mengalami diare akan mudah untuk kekurangan cairan.

Mengonsumsi Yogurt

 Yogurt adalah makanan dengan kalsium tinggi, dan juga mengandung bakteri baik yang bisa membunuh bakteri jahat yang menjadi penyebab dari diare. Maka dari itu, ketika kamu sedang mengalami diare, kamu bisa mengonsumsi yogurt.

Mengonsumsi Rebusan Daun Jambu

Cara mengobati diare secara alami yang biasa digunakan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi rebusan daun jambu yang sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu beberapa lembar daun jambu yang sudah dicuci bersih. Persiapkan setengah liter air yang bersih untuk merebus daun jambunya. Selama  merebus, kamu bisa menambahkan sekitar satu sendok teh garam. Kamu dapat mengonsumsi rebusan daun jambu ini sebanyak tiga kali sehari.

Memperhatikan Makanan

Selagi kamu terkena diare, kamu memang harus menghindari beberapa makanan dan hanya memakan makanan yang dikonsumsi. Terdapat beberapa jenis makanan yang bisa dengan aman kamu konsumsi, antara lain wortel rebus, kentang rebus, pisang rebus, bubur tanpa santan, ayam giling, dan juga roti panggang.  Sedangkan untuk makanan yang tidak boleh kamu konsumsi antara lain olahan-olahan susu tetapi tidak termasuk yogurt, makanan yang mengandung gula tinggi, makanan serta minuman yang memiliki kandungan kafein, makanan berminyak, serta makanan yang mengandung asam.

Itulah ulasan mengenai cara mengobati diare secara alami yang bisa kamu olah sendiri di dalam rumah dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat.