Jangan Tunggu Rusak, 6 Tanda Anda Butuh Jasa Service Kulkas

Jangan Tunggu Rusak, 6 Tanda Anda Butuh Jasa Service Kulkas

Keberadaan kulkas di setiap rumah saat ini terbilang wajib adanya. Kulkas sangat diperlukan untuk menjaga keawetan bahan makanan. Pemanfaatan kulkas yang begitu maksimal, kadang tak sejalan dengan perawatannya. Alhasil, mesin kulkas pun jadi cepat rusak. Agar bisa mengantisipasi kerusakannya, segera bawa kulkas ke tempat service kulkas jika 6 tanda ini terlihat.

  1. Mesin Pendingin Kulkas Tak Lagi Berfungsi

Pernahkah Anda mendapati suhu kulkas yang tak kunjung dingin, walau kabelnya sudah dipastikan terhubung ke sumber listrik? Situasi ini umumnya disebabkan karena terjadinya kerusakan pada kompresor atau termostat yang bisa diibaratkan seperti jantung pada kulkas. Jika Anda mengalami hal ini, sesegera mungkin hubungi tukang servis kulkas untuk mengatasinya.

  1. Kulkas Mengeluarkan Suara Menderu dan Berisik

Suara menderu memang terkadang terdengar dari kulkas, saat mesin pendinginnya sedang bekerja dengan penuh atau saat dihidupkan. Namun, jika suara menderu ini terjadinya terus-menerus dan terdengar begitu kentara, maka ada baiknya kulkas Anda segera diservis. Suara menderu yang muncul dari kulkas, umumnya disebabkan karena adanya kerusakan pada kompresor.

  1. Kulkas Hidup dan Mati Secara Tiba-Tiba dan Tak Menentu

Padahal tak ada pemadaman listrik, namun kulkas yang Anda miliki tiba-tiba saja mati. Kondisi ini menandakan ada yang salah dengan mesin kulkas Anda. Memang, kulkas yang tiba-tiba mati ini bisa hidup dengan sendirinya kembali. Namun, jika dibiarkan tentu bisa berakibat fatal, seperti tak bisanya kulkas digunakan sama sekali.

  1. Matinya Lampu Kulkas

Saat Anda membuka pintu kulkas, maka lampunya secara otomatis akan hidup. Jika misalnya kulkas tetap bisa berfungsi dengan baik walau lampunya mati, berarti kerusakan hanya pada bagian lampunya saja. Anda hanya perlu memanggil tukang servis, untuk melakukan penggantian lampu kulkas tersebut.

  1. Tergenangnya Air di Bagian Bawah Kulkas

Saat Anda ingin mencairkan salju dalam kulkas, maka secara otomatis air akan menggenangi penampungan air di bagian belakang kulkas. Namun, jika tanpa sebab yang jelas tiba-tiba air tergenang di bagian bawahnya walau tak dimatikan, berarti ada masalah di saluran pembuangan airnya. Segera lakukan perbaikan, agar tak terjadi masalah seperti korsleting listrik.

  1. Suhu Dingin Freezer Tidak Merata

Munculnya kerusakan pada freezer kulkas juga bisa ditandai dengan tak meratanya suhu dingin pada freezer tersebut. Kondisi ini sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti rusaknya kompresor, kondensor, atau evaporator. Freezer yang tak merada pendinginannya, bisa menyebabkan sebagian makanan yang Anda simpan jadi basi.

Jika sekiranya 6 tanda di atas diperlihatkan oleh kulkas di rumah Anda, maka sesegera mungkin hubungi jasa service kulkas untuk memperbaikinya. Dengan memakai jasa servis ini, kerusakan yang lebih parah seperti kulkas yang tak bisa lagi digunakan, bisa Anda hindari. Anda pun bisa menghemat uang, karena tak harus membeli kulkas baru lagi.