Kenapa Susu Penting untuk Pertumbuhan Terbaik Anak Usia 1 Tahun?

Kenapa Susu Penting untuk Pertumbuhan Terbaik Anak Usia 1 Tahun?

Jika pada masa bayi, ASI merupakan asupan penting yang harus dipenuhi, maka ketika anak mulai memasuki usia tahun pertama, Anda harus sudah merencanakan pemberian susu pengganti seperti susu formula.

Anak pasti membutuhkan susu, tetapi jenis susu yang tepat dan bisa mendukung tumbuh kembang anak adalah kuncinya tergantung pada usia anak tersebut.

Mengapa Susu Formula Sangat Penting untuk Anak?

Perut bayi kecil, dan mereka tumbuh cepat. Oleh karena itu segala sesuatu yang masuk kedalam pencernaan mereka harus berkontribusi untuk tumbuh kembangnya. Alasan mengapa susu pertumbuhan terbaik untuk anak sangat penting karena susu memberikan manfaat dan juga gizi ini untuk mereka. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari susu formula antara lain:

  • lemak dan kalori
  • mineral
  • vitamin
  • beberapa protein

Walaupun susu pertumbuhan sangat bagus untuk anak usia 1 tahun, namun Anda juga harus tetap memperhatikan durasi dan asupan susu formula yang tepat. Secara umum, anak usia 1 tahun hanya perlu membutuhkan satu susu formula setiap kali.

Jika anak sudah cocok dengan jenis susu formula yang diberikan, maka Anda tidak benar-benar perlu memperkenalkan bayi ke jenis susu formula lainnya. Hal ini dikarenakan susu formula dibuat khusus untuk kebutuhan gizi bayi Anda sehingga Anda tidak perlu menambah susu formula dengan susu jenis lain.

Untuk memenuhi asupan susu formula untuk anak usia 1 tahu, Morinaga Chil Kid bisa menjadi pilihannya. Mengandung berbagai nutrisi lengkap seperti AA dan DHA yang membantu mempercepat daya tangkap, prebiotik yang membantu menjaga kesehatan saluran cerna, serta kalsium, vitamin, dan mineral yang mampu menjaga pertumbuhan tulang dan gigi pada anak.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memberikan Susu Formula ke Anak

Susu formula memang sangat bagus untuk anak. Namun agar tumbuh kembang anak menjadi optimal setelah pemberian susu, maka Anda juga harus memperhatikan berbagai macam aspek lain. Apalagi anak usia 1 tahun baru terlepas dari ASI sehingga pemberian susu pertumbuhan tidak bisa asal-asalan. Lalu apa saja hal-hal penting yang harus diperhatikan? Ini dia penjelasannya

  1. Lakukan Transisi Susu Secara Perlahan

Karena di waktu sebelumnya anak masih tergantung dengan ASI, maka sangat penting untuk melakukan transisi secara perlahan. Dengan melakukan transisi secara perlahan, maka anak akan terbiasa untuk mengganti ASI dengan susu formula.

  1. Penuhi Asupan Susu Secara Rutin Sesuai Kebutuhan Kalori

Anda mungkin tidak menyadari kontribusi signifikan susu untuk asupan kalori bayi. Pada usia 12 bulan, seorang anak mendapat sekitar 35-40% kalori dari susu. Jadi disarankan agar anak di atas 12 bulan terus minum antara 2-3 cangkir susu. Ini adalah 314-461 kalori.

  1. Kenali Permasalahan Susu pada Bayi

Tubuh anak belum berkembang sampai mereka dapat mengatur hal-hal seperti peningkatan kadar natrium. Oleh karena itu, memberikan asupan susu formula secara asal-asalan tentu sangat berbahaya.

Jika Anda melihat tanda-tanda permasalahan susu pada bayi seperti intoleran laktosa atau jenis alergi lain, maka cegah pemberian susu formula biasa dan ganti dengan susu formula khusus yang sesuai dengan permasalahan anak.

Jika Anda kesulitan untuk mengindentifikasi permasalahan atau ingin mencegah hal tersebut terjadi, maka berkonsultasilah dengan dokter anak terlebih dahulu agar Anda bisa mengetahui susu formula apa yang tepat untuk pertumbuhan anak.

Susu pertumbuhan yang tepat dan sesuai tentu sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, Oleh karena itu pastikan untuk memberikan produk yang tepat bagi anak.