Komponen-Komponen Mobil yang Penting Untuk Dilakukan Servis Berkala

Komponen-Komponen Mobil yang Penting Untuk Dilakukan Servis Berkala

Kendaraan jenis apa saja itu termasuk mobil pribadi membutuhkan servis berkala dalam kurun waktu atau jarak tempuh tertentu. Selain servis, perawatan dan pengecekan juga akan dilakukan untuk melihat apakah terdapat komponen yang rusak dan harus diganti atau memperkirakan usia pakainya. Dengan servis berkala maka kondisi mobil kesayangan anda akan tetap prima dan dalam keadaan baik meskipun sering digunakan setiap harinya. Anda akan tetap nyaman mengendarai mobil kemanapun.

Komponen yang Harus Servis Berkala

Servis mobil bisa dilakukan apabila terdapat tanda-tanda kerusakan atau mobil tiba-tiba terasa tidak nyaman saat dikendarai, jangan sampai menunggu hingga terjadi kerusakan parah karena pasti akan membutuhkan biaya servis yang tidak bisa dibilang sedikit karena komponen sudah terlanjur rusak bahkan bisa saja harus diganti dengan komponen baru. Komponen yang umum dilakukan pengecekan yaitu :

  1. Kaki-kaki

Beberapa kondisi jalanan di Indonesia terdapat lubang atau permukaan jalan yang tidak benar-benar mulus atau bergelombang. Mobil yang melewati keadaan jalanan seperti ini harus berhati-hati dalam berkendara karena jalanan yang tidak rata dapat merusak bagian kaki-kaki mobil ataupun komponen yang menjadi cepat rusak karena bekerja lebih berat pada saat melewati jalanan yang kasar.

Apalagi pada mobil dengan ketinggian dari tanah yang rendah membuat kaki-kaki lebih rentan rusak dibandingkan mobil dengan ketinggian dari tanah yang lebih tinggi. Inilah alasan mengapa setiap mobil yang melewati jalanan yang kasar wajib untuk memperlambat laju mobilnya untuk melindungi kaki-kaki mobil dari kerusakan namun tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi kerusakan. Maka dari itu harus dilakukan servis untuk dilakukan pengecekan.

Kaki-kaki mobil seperti stabilizer, tie rod, booshing, dan ball joint umumnya memiliki masa pakai sekitar 5 tahun atau setelah menempuh jarak 100.000 km. Namun seberapa seringnya pengemudi menggunakan mobil pada kondisi jalanan yang rusak dapat memperpendek usianya dan mempercepat waktu servis mobil atau penggantian komponen.

  1. Balancing dan spooring

Spooring merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk meluruskan posisi keempat roda mobil  merupakan kondisi untuk menyeimbangkan kembali putaran masing-masing roda agar memiliki berat yang seimbang dan tidak berat sebelah.

Namun apabila mobil terasa masih tidak nyaman atau bermasalah setelah melakukan spooring dan balancing maka teknisi akan melakukan pengecekan komponen-komponen lainnya seperti tie rod dan ball joint yang biasanya menjadi penyebab munculnya suara berisik.

Kerusakan bisa saja menjadi semakin parah apabila kondisi tersebut dibiarkan misalnya seperti ban lepas dari tempatnya. Bushing juga rentan mengalami kerusakan dikarenakan benturan yang terjadi membuat karet menjadi tidak lentur lagi bahkan bisa saja pecah.

  1. Air Condition (AC)

AC mobil sudah pasti akan selalu dihidupkan agar udara terasa sejuk sehingga membuat pengemudi dan penumpang tetap merasa nyaman apalagi pada siang hari dengan panas matahari yang terik. Suhu AC juga umumnya dapat diatur sesuai dengan keinginan. Namun setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu, muncul masalah pada AC misalnya seperti AC tidak dingin, mengeluarkan bau tak sedap, menimbulkan suara berisik, AC mengeluarkan air, dan masalah lainnya.

Maka dari itu servis penting dilakukan untuk melakukan pengecekan AC mobil agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah. Biasanya pada servis AC akan dilakukan penggantian refigeran, pelumas, dan juga dilakukan pembersihan serta melakukan pemeriksaan kompresor yang sering menimbulkan masalah.

Sebaiknya servis AC dilakukan setiap 3.000 km sekali apabila sering digunakan dengan suhu yang paling dingin dan melewati kawasan berdebu. Apabila AC tidak dingin, pengecekan juga akan dilakukan apakah memang freon sudah habis atau terjadi kebocoran pada selang atau pipa AC. Bisa juga karena terjadi kerusakan pada kondensor dan evaporator serta komponen kompresor membuat AC mengeluarkan suara berisik.

Untuk mendapatkan harga servis mobil yang murah dan terjangkau, anda bisa langsung memesannya di Otomall.id. Anda bahkan bisa mengehemat hingga 30% dibandingkan di bengkel resmi dan bengkel umum. Bengkel yang bekerjasama dengan Otomall akan memberikan servis dan perawatan berkala mobil yang tmemuaskan serta harga yang pastinya jauh lebih murah. Otomall bahkan memberikan garansi selama 7 hari atau 1.000 km dan hanya menggunakan sparepart yang asli.