Nyeri Asam Urat? Kenali Penyebabnya!

Nyeri Asam Urat? Kenali Penyebabnya!

Asam urat termasuk penyakit yang dapat mengakibatkan gangguan jantung, hipertensi, diabetes mellitus, stroke, osteoporosis, gangguan tenggorokan dan gangguan penglihatan. Asam urat merupakan masalah radang sendi yang umum terjadi pada banyak orang. Penyakit ini dapat mengakibatkan nyeri hebat, pembengkakan, dan kaku pada sendi. Secara pelahan, asam urat dapat merusak jaringan daerah peradangan. Asam urat paling banyak dialami oleh laki-laki, meskipun begitu bukan berarti wanita tidak bisa rentan akan asam urat. Asam urat sebenarnya diproduksi sendiri oleh tubuh, sebagai sisa metabolisme protein makanan yang mengandung purin. Berikut ini adalah beberapa penyebab asam urat dan cara mengatasinya dengan cepat dan alami.

  • Makanan

Penyebab asam urat yang paling sering dan utama adalah karena makanan. Gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor pertama segala penyakit muncul. Makanan di sini adalah makanan yang memiliki kadar purin tinggi, seperti makanan laut (kepiting, kerang, udang dan cumi), daging merah, jeroan, ikan bercangkang, makanan olahan, tahu dan tempe.

  • Minuman

Selain makanan, minuman juga bisa menjadi faktor penyebab asam urat. Ginjal sebagai organ penting dalam tubuh yang bertanggung jawab mengatur kadar asam dalam darah. Caranya dengan mengatur pembuangan melalui urin. Ketika pembuanganmelalui ginjal berkurang dan produksi asam urat sangat berlebihan, makan bisa menyebabkan terjadinya hiperurisemia. Perbanyak minum air putih minimal 1,5 liter per hari, serta hindari minuman beralkohol, produk olahan susu, minuman yang terlalu manis serta tinggi kafein.

  • Keturunan

Penyebab asam lainnya yaitu ketika beberapa anggota keluarga juga memiliki masalah asam urat, maka beresiko lebih tinggi bagi Anda mengalami masalah yang sama.

  • Kegemukan

Kelebihan berat badan dari batas normal juga bisa menjadi penyebab asam urat. Kondisi ini menyebabkan ginjal kesulitan untuk membuang asam urat dari tubuh.

  • Konsumsi obat-obatan

Asam urat juga bisa muncul karena seringnya mengonsumsi obat-obatan yang tentunya dapat meningkatkan tingginya purin. Obat-obatan itu seperti diuretik, yaitu obat yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh, serta aspirin. Saat penderita sedang mengalami proses penyembuhan cidera atau pascaoperasi dan sedang menjalani perawatan medis lainnya, hal itu juga bisa menjadi penyebab asam urat.

Seperti yang diketahui, ada beragam cara yang dapat ditempuh untuk bisa meredakan asam urat. Cari obat asam urat terbaik untuk meredakan dan menurunkan kandungan purin di HonestDocs, apotik online terpercaya yang menyediakan obat dan vitamin lengkap dengan harga yang terjangkau.