Penting! Ini 4 Nutrisi Tepat untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Penting! Ini 4 Nutrisi Tepat untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Secara umum nutrisi merupakan dasar pertumbuhan fisik dan mental anak. Memastikan anak sudah memperoleh nutrisi lengkap dan tepat mutlak  adalah sesuatu yang perlu ibu perhatikan. Ibu juga perlu memberikan daya tahan untuk tubuh yang kuat. Berikut ini 4 nutrisi tepat untuk daya tahan tubuh anak.

  1. Probiotik

Salah satu nutrisi penting untuk daya tahan tubuh anak adalah probiotik. Nutrisi berupa probiotik merupakan bakteri baik yang hidup di usus besar. Probiotik bermanfaat untuk membantu sistem imun pencernaan. Anak yang memiliki sistem pencernaan sehat akan terhindar dari berbagai penyakit termasuk diare dan gangguan pencernaan lainnya.

Probiotik terdapat dalam tubuh secara alami. Meskipun begitu probiotik juga bisa diperoleh dari asupan makanan tertentu. Salah satu jenis makanan yang termasuk dalam makanan yang mengandung probiotik adalah produk olahan susu.

  1. Zat Besi

Anak yang tercukupi kebutuhan zat besi nya bisa memiliki daya tahan tubuh yang kuat, pertumbuhan yang baik, sekaligus memiliki risiko infeksi dan terjangkit penyakit lebih rendah. Terlebih lagi pada anak usia balita. Zat besi memegang peranan penting dalam pembentukan hemoglobin, sejenis protein dalam sel darah merah yang mengangkut oksigen di tubuh.

Perlu ibu ketahui anak usia balita membutuhkan zat besi hingga lima kali lebih banyak daripada orang dewasa. Zat besi dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan tertentu. Ibu boleh mencoba menyajikan menu seperti buah-buahan, kacang-kacangan, daging, serta sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam.

  1. Vitamin C

Secara umum vitamin C memiliki beberapa manfaat baik bagi kesehatan tubuh anak maupun orang dewasa. Pada balita vitamin C mampu membantu mempercepat anak pulih dari sakit.  Vitamin C dibutuhkan oleh sel darah putih untuk memerangi infeksi dalam tubuh.

Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan alami bagi perkembangan  dan daya tahan tubuh anak terlebih lagi pada anak balita. Asupan zat besi dalam tubuh dapat terserap lebih optimal dengan adanya vitamin C. Brokoli, ubi, dan jeruk merupakan beberapa makanan sumber vitamin C yang bisa dikonsumsi anak untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.

  1. Seng/Zinc

Asupan zinc  dalam tubuh berfungsi penting dalam perbaikan sel dan pembentukan enzim untuk daya tahan dan pertumbuhan tubuh anak. Asupan zinc yang tercukupi di dalam tubuh anak bisa membantu menyembuhkan luka anak dengan lebih cepat.

Pastikan ibu memberikan asupan makanan yang kaya akan seng seperti daging, roti, dan produk olahan susu. Pada dasarnya tubuh manusia tidak bisa memproduksi seng secara alami sehingga, mengonsumsi jenis makanan kaya zinc tersebut menjadi hal yang sangat penting.

Itulah beberapa nutrisi tepat untuk daya tahan tubuh anak yang perlu ibu perhatikan kecukupannya. Daya tahan tubuh anak yang baik turut menunjang proses pertumbuhan dan perkembangannya.  Peran ibu sangat penting untuk selalu memberikan sekaligus mencukupi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan, perkembangan, dan upaya menjaga kesehatan anak.