Perilaku Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional Anak

Perilaku Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional Anak

Kecerdasan emosional anak merupakan salah satu hal yang penting bagi masa depan buah hati. Kecerdasan emosional bisa dikatakan sebagai kemampuan seseorang dalam mengatur dan mengontrol emosinya menjadi lebih positif dan sehat. Anak yang memiliki kecerdasan emosional tinggi biasanya akan memiliki rasa empati, mengelola, mengatur, dan memahami emosinya, menerima diri sendiri dan juga orang lain.

Tanda Anak Memiliki Kecerdasan Emosional Anak

Apabila anak sudah memiliki kecerdasan emosional yang baik, anak akan menunjukkan perilaku di bawah ini :

  1. Mampu memahami emosinya sendiri

Salah satu cara melihat apakah anak sudah memiliki kecerdasan emosional yang tinggi yaitu anak sudah dapat mengenali emosinya sendiri. Anak juga mudah untuk mengungkapkan perasaannya dan faktor yang mempengaruhi emosinya saat itu. Namun anak tentu akan mengalami peningkatan kecerdasan emosi seiring bertambahnya umur. Ibu bisa melatih anak dengan bertanya dan memperhatikan apa yang ia rasakan.

  1. Menjadi pendengar yang baik

Apabila si kecil sering menjadi tempat curhat teman-temannya, bisa dikatakan anak sudah memiliki potensi kecerdasan emosi. Anak yang dapat menjadi pendengar baik juga bisa meningkatkan rasa empatinya terhadap sesama dan juga menjadi problem solver.

  1. Berbuat kebaikan kepada orang lain

Kecerdasan emosional anak juga bisa dilihat dari perbuatan kebaikannya yang diberikan kepada orang lain. Anak akan lebih responsif ketika diminta tolong atau bahkan tanpa diminta tolong sama sekali. Anak akan merasa senang memberikan pertolongan yang ia bisa sehingga menumbuhkan potensi emosi anak.

  1. Mampu menjadi penengah

Kehidupan anak juga memiliki konflik dan masalah-masalah yang terjadi dalam lingkungan pertemanannya. Pertengkaran dan salah paham pada anak sudah biasa terjadi apalagi anak juga masih belajar memahami emosinya masing-masing.

Anak yang sudah memiliki kecerdasan emosional yang baik biasanya memiliki inisiatif berdamai dengan orang lain maupun diri sendiri. Apabila anak berani menjadi penengah maka anak menunjukkan kecerdasannya dalam hal emosi. Hal ini karana anak sudah bisa memahami emosi dan hubungan dengan orang lain.

  1. Memahami dampak perilakunya terhadap orang lain

Anak yang sudah dapat mengatur perilakunya sendiri karena takut akan memberikan dampak kepada orang lain merupakan ciri seorang anak sudah memiliki kecerdasan emosional yang baik. Misalnya anak tidak ingin melawan orang tua karena takut sedih, ingin membantu ibu membereskan rumah agar ibu tidak lelah, dan lainnya.

Apabila anak memiliki ciri di atas maka bisa dikatakan sudah terbentuk kecerdasan emosional anak. Namun tentu saja hal tersebut terbentuk karena bantuan dari stimulasi orang tua. Ibu juga harus memastikan asupan nutrisi anak tercukupi. Nutrilon Royal memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E untuk meningkatkan sistem imunnya, omega 3 dan omega 6 untuk perkembangan otaknya, serta kandungan nutrisi lainnya untuk pertumbuhan anak.