Ragam Manfaat Kalsium Yang Penting Selama Masa Kehamilan

Ragam Manfaat Kalsium Yang Penting Selama Masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan masa membahagiakan dan dijalankan selama kurang lebih 9 bulan. Selama masa ini, janin akan mengalami perkembangan hingga menjadi seorang bayi yang siap dilahirkan ke dunia. Selama masa mengandung tersebut, ibu diharuskan mengonsumsi makanan kaya nutrisi untuk kesehatan anak dan bayi selama dalam kandungan. Sebab, janin akan mengonsumsi nutrisi dari beragam makanan yang masuk ke dalam perut ibunya. Sehingga menjadi konsumsi makanan merupakan kegiatan yang penting.

Selama masa kehamilan berlangsung, makanan yang disarankan dikonsumsi adalah makanan yang mendukung perkembangan bayi yakni makanan kaya asam folat, kalsium, vitamin K, protein hingga beragam jenis vitamin dan mineral lainnya. Salah satu komponen penting yang dibutuhkan tubuh dalam menunjang tumbuh kembang bayi adalah kalsium. Komponen mineral ini dibutuhkan tubuh untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan tulang anak.

Manfaat kalsium sendiri untuk tubuh adalah mampu menunjang kesehatan tulang selama masa tumbuh kemban bayi dalam janin. Kalsium mampu menunjang pembentukan sistem gerak tubuh menjadi lebih sehat dan juga kuat. Manfaat kalsium sendiri cukup banyak selama masa kehamilan tidak hanya terbatas pada kemampuannya membentuk tulang dan gigi anak. Berikut ini merupakan beberapa Manfaat kalsium selama masa kehamilan :

  1. Menurunkan kemungkinan preeklampsia selama masa kehamilan

Preeklampsia merupakan kondisi dimana ibu mengalami tekanan darah tinggi dan terdapat kandungan protein pada urin yang menyebabkan pembengkakan kaki pada ibu. Kondisi ini akan menyebabkan komplikasi kesehatan dan membahayakan ibu serta bayi selama masa persalinan. Konsumsi makanan kaya Manfaat kalsium  selama masa kehamilan akan mengurangi resiko tersebut karena kalsium akan melancarkan tekanan darah dan ritme jantung.

  1. Menunjang pembentukan organ tubuh, sistem saraf dan anggota gerak tubuh

Kalsium digunakan bayi untuk tumbuh dan berkembang dalam janin. Pembentukan ragam organ, sistem saraf hingga pembentukan rangka tulang membutuhkan kalsium. Kebutuhan kalsium harian dapat tercukupi dengan konsumsi beragam jenis makanan kaya kalsium yang cukup dan penting. Misalnya dengan konsumsi segelas susu setiap harinya.

  1. Melancarkan peredaran darah ibu selama kehamilan

Kalsium mampu menyehatkan organ jantung sehingga mampu melancarkan peredaran darah selama masa kehamilan. Kalsium akan membantu kontraksi jantung untuk rileks kembali sehingga akan mendukung jantung ibu terjaga dengan baik. Sebab itu, Manfaat kalsium

  1. Menunjang kemampuan pembekuan darah pada bayi

Kalsium mampu menunjang kemampuan janin untuk pembekuan darah. Dimana hal ini penting sekali untuk menunjang kesehatan anak selama masa tumbuh kembangnya nantinya setelah dilahirkan. Sehingga penting bagi ibu untuk mengonsumsi makanan kaya akan kalsium untuk menunjang kemampuan bayi tersebut.

Konsumsi makanan kaya kalsium Manfaat kalsium memang cukup penting. Anda bisa mengonsumsi seperti susu segar, yogurt, keju, ikan salmon, ikan sarden hingga produk sayuran hijau lainnya selama masa kehamilan berlangsung.