Servis Mobil, Hal Penting yang Kini Sering Dilupakan

Servis Mobil, Hal Penting yang Kini Sering Dilupakan

Seperti halnya barang-barang pada umumnya, mobil juga harus mendapatkan perawatan yang baik. Salah satu cara untuk merawatnya adalah dengan melakukan servis, baik itu servis rutin maupun servis ketika terjadi masalah. Untuk melakukannya kini juga sudah bisa menggunakan jasa montir panggilan. Sayangnya, servis mobil masih sering diabaikan oleh banyak orang karena dirasa menambah pengeluaran.

Manfaat Melakukan Servis Rutin untuk Mobil

  1. Mobil menjadi berumur panjang

Keuntungan dari rutin melakukan servis adalah membuat usia mobil menjadi lebih panjang. Ketika melakukan servis rutin, selain dilakukan pengecekan pada komponen yang tidak berfungsi normal juga dilakukan perbaikan dengan detail. Usia prima sebuah mobil rata-rata adalah 5 tahun. Setelah memasuki rentang waktu tersebut, maka mobil perlu melakukan peremajaan.

  1. Mengganti suku cadang

Biasanya ketika melakukan servis rutin akan dilakukan pengecekan terhadap komponen-komponen mobil. Ketika hanya terdapat masalah minor, montir akan melakukan perbaikan. Namun, jika komponen tersebut sudah tidak layak pakai, maka montir akan mengganti suku cadang tersebut. Hal ini penting karena jika Anda berkendara dengan komponen yang bermasalah akan sangat berbahaya.

  1. Merawat mesin

Pentingnya servis rutin salah satunya adalah untuk menjaga agar mesin mobil tetap awet. Selain membuat berkendara menjadi lebih lancar, kondisi mesin yang prima juga akan meningkatkan harga tawar jika Anda memutuskan untuk menjualnya. Tak heran jika banyak penjual mobil bekas yang menawarkan harga tinggi untuk mobil dengan mesin yang memiliki kondisi baik.

  1. Menghemat pengeluaran

Jangan pernah menyayangkan uang yang dikeluarkan untuk melakukan servis. Walaupun kelihatannya Anda mengeluarkan uang, namun itu jauh lebih baik daripada jika Anda tidak melakukannya. Kerusakan sekecil apapun jika dibiarkan lama-kelamaan akan menjadi semakin parah. Kabar buruknya, untuk menyervis ketika kondisi sudah parah bisa jauh lebih tinggi daripada jika Anda melakukan servis lebih awal.

Cara Melakukan Servis Mobil

  1. Datang ke bengkel resmi

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk melakukan servis adalah dengan langsung mendatangi bengkel resmi dari mobil Anda. Keuntungan dari menggunakan bengkel resmi adalah jika ada penggantian suku cadang, maka ketersediaannya tidak menjadi masalah dan original dari pabrik sehingga bisa berfungsi dengan maksimal. Usia suku cadangnya pun akan jauh lebih lama.

Jika di daerah Anda belum ada bengkel resmi, Anda bisa mendatangi bengkel-bengkel khusus mobil yang memang sudah berpengalaman. Jangan sampai mobil yang seharusnya mendapat perbaikan malah keadaannya semakin memburuk. Akan lebih baik jika Anda bertanya pada kerabat atau teman yang memiliki referensi tentang bengkel mobil yang bagus di daerah Anda.

  1. Memakai jasa montir panggilan

Cara pertama mungkin dirasa paling baik. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan poin di atas tidak bisa dilakukan. Salah satunya adalah mobil Anda dalam keadaan tidak bisa dijalankan. Tentu saja Anda tidak bisa membawanya ke tempat servis. Dalam kondisi ini, menggunakan jasa montir panggilan adalah solusi yang paling baik.

Namun, memilih montir panggilan juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa tersebut. Jika sampai Anda salah memilih, bukan mobil semakin baik, justru keadaan akan bertambah lebih buruk. Belum lagi akan ada biaya tambahan untuk menutup kerugian tersebut.

Ciri Montir Panggilan Berkualitas

  1. Profesional dan berpengalaman

Jika Anda menggunakan jasa montir panggilan, pastikan montir tersebut sudah cukup berpengalaman dalam hal otomotif. Setidaknya montir harus memiliki dua kemampuan utama, yakni kemampuan untuk mendiagnosis permasalahan dan mengeksekusi penyelesaiannya. Jika sudah memiliki kedua kriteria tersebut, jasa itu bisa Anda pilih dan kemungkinan memang berkualitas baik.

  1. Proses mudah

Mungkin pada awalnya jasa montir panggilan hanya bisa dihubungi melalui telepon saja. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, Anda bisa menggunakan jasa tersebut melalui aplikasi. Ciri dari jasa montir panggilan yang baik adalah kemudahan dalam proses pemesanannya. Jika Anda menggunakan aplikasi, pastikan bahwa user experience aplikasi tersebut baik.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai servis mobil. Jika Anda ingin menggunakan jasa montir panggilan dan masih bingung aplikasi apa yang tepat, Anda bisa menggunakan aplikasi Montir.id. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa memesan montir untuk datang ke tempat Anda dan menyelesaikan keluhan pada mobil Anda.