Tetap Dapatkan Manfaat Olahraga Bagi Anak-Anak di Bulan Puasa Dengan Olahraga Ini

Tetap Dapatkan Manfaat Olahraga Bagi Anak-Anak di Bulan Puasa Dengan Olahraga Ini

Seperti yang kita ketahui, manfaat olahraga bagi anak anak ada banyak sekali. Dengan berolahraga, pertumbuhan dan kesehatan anak dapat berjalan dengan baik. Waktu olahraga juga dapat dilakukan kapan saja termasuk pada saat bulan puasa. Meskipun pada saat puasa suplai karbohidrat kurang, namun tubuh anak tetap dapat menggunakan sumber energi lainnya yaitu lemak.

Jadi, pada saat berpuasa si kecil masih bisa mendapatkan banyak manfaat dari berolahraga. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah olahraga yang dilakukan tidak boleh yang berat-berat. Selain itu, olahraga sebaiknya dilakukan menjelang berbuka puasa. Nah, berikut ini adalah beberapa olahraga ringan yang dapat si kecil lakukan pada saat bulan puasa.

Olahraga Ringan Anak di Bulan Puasa

  1. Jalan-Jalan Santai

Jalan santai merupakan salah satu olahraga ringan yang dapat dilakukan si kecil pada saat bulan puasa. Menurut penelitian, jalan kaki secara rutin dapat membuat risiko terserang penyakit kronis berkurang. Pada saat jalan-jalan santai, pasokan glukosa dan oksigen menuju otak akan berjalan dengan optimal.

Hal itu berarti, aliran oksigen dan darah anak bisa meningkat sehingga aktivitas-aktivitas sel yang kurang baik dapat menguat dan membuat anak tidak mudah mengalami sakit. Selain untuk kesehatan fisik, berjalan santai juga dapat dilakukan untuk menambah quality time bersama anak atau dengan anggota keluarga yang lainnya.

  1. Basket 3x3

Olahraga ringan yang dapat dilakukan si kecil selanjutnya adalah basket 3 on 3 atau biasa juga dikenal dengan 3x3. Pada pertandingan basket 3x3 ini, dibutuhkan tiga pemain saja di setiap tim. Jenis olahraga yang satu ini cocok untuk dilakukan pada saat menjelang buka puasa karena hanya punya durasi per babak 10 menit saja.

Meskipun waktu babak cuma 10 menit saja, namun olahraga basket 3x3 ini dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh si kecil. Dalam waktu singkat yang hanya 10 menit tersebut, si kecil dapat memperoleh banyak keuntungan yakni dapat menyalurkan energi dan juga melakukan aktivitas fisik yang maksimal.

  1. Peregangan (Stretching)

Stretching atau peregangan menjadi jenis olahraga berikutnya yang cocok dilakukan si kecil pada saat bulan puasa. Olahraga yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu, peregangan juga dapat dilakukan di mana saja. Meski terlihat begitu mudah dan sepele, peregangan memiliki banyak manfaat bagi si kecil.

Olahraga peregangan yang dilakukan secara teratur dapat membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh dapat meningkat. Bukan itu saja, melakukan peregangan secara teratur dan rutin dapat membuat postur tubuh kembali seperti semula. Aktivitas stretching ini sangat cocok untuk anak pada saat puasa, karena kebanyakan anak saat puasa akan sering duduk dan kurang aktivitas fisiknya.

Selain tiga contoh olahraga di atas, sebenarnya masih ada jenis olahraga ringan lain seperti aerobik, senam, dan lain sebagainya. Jadi, meskipun sedang berpuasa, manfaat olahraga bagi anak-anak masih dapat dirasakan. Jangan lupa juga dukung tumbuh kembang dan aktivitas anak dengan produk dari milo.co.id.