Tips dan Cara Menaikkan Berat Badan Anak 4 Tahun Susah Makan

Tips dan Cara Menaikkan Berat Badan Anak 4 Tahun Susah Makan

Berat badan anak terkadang mengalami kenaikan dan penurunan. Terutama anak berusia 4 tahun yang aktif bergerak. Namun, pada saat anak mengalami kondisi penurunan bahkan terkesan anak sangat kurus hingga tak nafsu makan, ada baiknya Anda sebagai orangtua memberikan susu penambah berat badan. Dengan begitu kondisi anak tetap stabil meskipun dalam penurunan. Berikut ada beberapa tips dan cara menaikkan berat badan anak 4 tahun.

1.  Pilihkan Makanan Kesukaannya

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memilihkan makanan kesukaan namun pilihkan yang sekiranya mengandung kalori paling banyak. Saat Anda belanja jangan lupa untuk selalu mengecek komposisi pada kemasan atau label nutrisi. Bandingkan mana saja makanan kesukaan anak yang memiliki kalori tinggi. Pilih dan belilah makanan jenis ini dalam stok yang banyak.

2.  Variasikan Makanan

Selain memilihkan makanan kesukaan, usahakan juga untuk memilih makan yang bervariasi. Misalnya menambahkan smoothie atau jus buah kesukaan. Jus buah atau smoothie ini juga mengandung kalori yang tinggi, seperti buah alpukat.

Dengan begitu, anak akan terlihat dan cepat gemuk. Begitu juga saat memberikan makan pada waktu jam makan. Ada baiknya membuat menu yang beragam saat sarapan, makan siang, dan makan malam.

3.  Makan Teratur

Tips dan cara menaikkan berat badan anak 4 tahun yang bisa Anda coba terapkan adalah makan dengan teratur. Apabila sudah waktunya makan, upayakan anak makan dengan tepat waktu. Anak yang sudah berusia 4 tahun biasanya lebih aktif bermain atau menonton TV.

Pada saat anak sedang asik-asiknya menonton atau melakukan aktivitas lain, upayakan segera memanggil dan menyuruh makan. Pasalnya, energi yang sudah digunakan harus segera ditambah kembali sebelum anak-anak beraktivitas.

4.  Olah Makanan Menjadi Menarik

Salah satu hal yang menjadikan anak mau makan sesuai dengan jadwal makan adalah pengolahan makanan yang menarik. Hal ini juga membuat anak tidak rewel setiap kali makan. Jangan lupa untuk menemani anak selalu, agar anak menghabiskan makanan. Jangan lupa untuk membuat makanan dengan porsi yang lebih besar agar kalori yang didapatkan lebih besar juga.

5.  Libatkan Anak Saat Memasak

Anda juga bisa mengajak anak untuk memasak makanan yang hendak dimakan bersama-sama. Dengan begitu anak menjadi lebih paham dan lebih tertarik bahwasanya makanan tersebut yang membuat adalah dirinya sendiri. Selain itu anak menjadi lebih bersemangat untuk menyantap makanan.

6.  Tambahkan Bumbu atau Bahan Lain

Bisa juga Anda menambahkan bumbu atau bahan lain sebagai penambah rasa agar anak lebih bersemangat makan. Tambahkan bahan-bahan yang dapat menambahkan kadar lemak sehat. Misalnya menambahkan selai kacang, kacang bubuk, selai alpukat dan lainnya.

Itulah beberapa cara menaikkan berat badan anak 4 tahun yang bisa Anda coba. Bila perlu  Anda bisa memberikan vitamin tertentu agar menaikkan nafsu makan. Salah satunya menambahkan temulawak.