Tips Membuat Desain Logo yang Menarik bagi Konsumen

Tips Membuat Desain Logo yang Menarik bagi Konsumen

Buat logo bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak hal yang harus diperhatikan agar menghasilkan sebuah logo yang bagus dan original. Logo yang Anda buat juga harus bisa menarik perhatian konsumen. Berikut adalah beberapa tips membuat desain logo yang bisa menarik perhatian banyak orang.

  1. Cari Banyak Referensi

Sebelum mulai membuat desain logo, coba cari lebih banyak referensi. Anda bisa mencari contoh-contoh logo yang ada di internet atau yang bisa ditemukan di sekitar Anda. Semakin banyak referensi yang Anda lihat akan semakin bagus karena Anda jadi punya inspirasi membuat desain terbaik.

Satu hal penting yang perlu diingat adalah jangan menjiplak karya logo milik orang lain. Anda hanya perlu menggunakannya sebagai referensi bukan mencontoh desain tersebut.

  1. Utamakan Kesederhanaan

Semakin sederhana sebuah logo maka akan semakin baik. Orang justru tidak akan tertarik dengan logo yang dibuat rumit dan melibatkan banyak elemen. Konsumen sekarang cenderung menyukai logo yang simpel tapi unik. Biasanya mereka justru akan kagum dan tertarik saat melihat logo yang sederhana.

Selain lebih menarik, sebuah logo yang simpel juga memudahkan konsumen untuk mengingatnya. Desain yang simpel akan lebih mudah dikenali dan diingat. Konsumen hanya butuh waktu satu hingga dua detik untuk menangkap logo Anda dan mengenalinya.

  1. Gunakan Software yang Tepat

Manfaatkan teknologi yang ada untuk membantu Anda buat logo yang bagus. Ada beberapa pilihan software yang bisa Anda manfaatkan untuk merancang logo seperti CorelDraw dan Photoshop. Sangat disarankan bagi Anda untuk mempelajari penggunaan software semacam ini dalam pembuatan logo.

  1. Tentukan Jenis Logo

Ada beberapa jenis logo yang bisa Anda gunakan. Mulai dari logo pictorial, logotype, karakter, emblem, letter mark dan lain sebagainya. Tentukan jenis logo yang ingin Anda gunakan. Misalnya, Anda ingin menggunakan inisial nama Anda sebagai logo maka jenis logo yang akan digunakan adalah letter mark.

  1. Buat Sketsa

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda disarankan membuat sketsa logo terlebih dahulu. Buatlah sketsa dengan menggunakan pensil dan kertas. Buat gambar kasar seperti apa desain logo yang akan Anda buat. Pembuatan sketsa ini bisa memberi banyak manfaat dan membantu Anda dalam membuat desain logo.

Setelah membuat sketsa, Anda bisa menilai seperti apa bentuk logo yang Anda buat. Anda bisa mengetahui dimana letak kekurangannya dan apa yang perlu ditambah maupun dikurangi.

  1. Pilih Warna yang Tepat

Pemilihan warna sangat penting untuk diperhatikan dalam proses pembuatan logo. Pada dasarnya Anda bebas menentukan pilihan warna yang akan diaplikasikan pada sebuah logo. Namun, jangan bersikap egois dalam memilih warna. Anda juga harus mempertimbangkan selera konsumen.

Gunakan warna-warna yang komposisinya pas. Jangan menggunakan warna-warna yang terlalu mencolok. Hindari menggunakan kombinasi warna yang terlalu banyak. Ingat, pastikan pilihan warna Anda tetap membuat desain logo terlihat sederhana.

  1. Memunculkan Sisi Unik dan Beda

Jangan takut bereksperimen dengan menghasilkan desain logo yang unik dan beda dari produk lainnya. Justru keunikan inilah yang akan membuat produk Anda dicintai oleh masyarakat. Jangan ragu menampilkan desain logo yang mungkin terlihat aneh karena keanehan ini justru bisa membuat konsumen mudah mengenali produk Anda.

Itulah tadi beberapa tips membuat desain logo yang menarik bagi konsumen. Semakin menarik logo yang dibuat maka akan semakin menguntungkan. Jika Anda kesulitan membuat desain logo sendiri, maka Anda bisa meminta jasa profesional. Jasa buat logo fastwork.id bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.