Tips Memilih Mesin Espresso untuk Memulai Usaha

Tips Memilih Mesin Espresso untuk Memulai Usaha

Industri kopi belakangan ini semakin berkembang dan kian membuat penjualan berbagai mesin kopi espresso laku keras. Tidak perlu di luar negeri dulu, di Indonesia sendiri juga Anda bisa melihat semakin banyak coffee shop yang berdiri. Tidak hanya untuk kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya saja, namun juga kota-kota kecil yang sebelumnya ada kedai minuman kopi yang sedikit modern saja juga sudah menjadi keajaiban.

Bisnis kedai kopi sekarang ini memang dianggap menjanjikan sebab minum kopi sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Untuk pemenuhan kebutuhan yang sepertinya semakin pesat itu, tentu dibutuhakan sebuah mesin yang memiliki performa meyakinkan. Masalahnya mesin espresso seperti apa yang sesuai untuk kedai kopi yang ingin Anda usahakan? Ada sejumlah hal yang dapat menjadi pertimbangan. Berikut di bawah ini adalah beberapa diantaranya.

  • Pilihan Tipe Boiler

Jenis boiler ini penting sebab menyangkut seberapa besar kedai kopi yang ingin Anda buka. Jika ingin membuka usaha kedai kopi yang sederhana dan tidak terlalu mempunyai segmentasi pada pecinta kopi, mesin single boiler mungkin sudah cukup. Namun jika dari awal telah berencana untuk fokus pada bisnis kedai kopi yang lumayan besar dengan target pelanggan yang cukup banyak, mesin dengan dual boiler dan heat exchanger adalah sebuah keharusan.

  • Ukuran Mesin Espresso

Ukuran juga bisa jadi masalah di sini. Mesin espresso yang memiliki fitur 3 atau 4 grup pastinya akan kelihatan sangat keren dan enak dipandang mata. Namun harganya juga pastinya tidak murah. Mesin-mesin besar ini biasanya dibutuhkan oleh kedai kopi yang sibuk dengan jumlah pelanggan sangat banyak setiap hari. Bisa dikatakan yang pelanggannya rela mengantri dan memiliki julmah barista yang lumayan banyak.

Mesin-mesin espresso yang memiliki 3 atau 4 grup ini memang bisa berfungsi lebih cepat dan praktis sehingga dapat melayani pelanggan dalam jumlah besar juga. Sebaliknya, jika memprediksikan kedai kopi yang ingin Anda buka tidak terlalu ramai atau hanya menghabiskan kurang dari 40 kg kopi per minggu, maka mesin yang memiliki 2 grup sudah cukup.

  • Temperatur Mesin yang Stabil

Umumnya mesin-mesin multi boiler memang memiliki fungsi yang sama. Tetapi perlu dicermati bahwa kesanggupan setiap mesin dalam melakukan proses brewing untuk suhu yang konsisten berbeda-beda satu dengan yang lain. Biasanya mesin-mesin multi boiler modern saat ini memang telah dilengkapi dengan fitur pengontrol PID atau Proportional Integral Derivative). Namun ada juga yang masih memakai sistem thermostats.

Penjelasan yang sederhana, fitur PID ini berguna untuk mengontrol suhu air dalam boiler, tetapi dengan level presisi yang lebih baik daripada fitur thermostats tradisional. Untuk stabilitas temperatur ini penting bila Anda ingin tetap menjaga kualitas espresso atau minuman espresso based yang dibuat. Oleh sebab itu, mencari tahu dan mencermati semua detail dari mesin espresso yang ingin dibeli adalah hal yang sangat penting.

  • Group Head Mesin

Tidak dapat dipungkiri, group head yang dihasilkan dengan desain yang biasa saja dapat berakibat mengacaukan suhu sesudah proses brewing selesai. Bisa juga, group-head jadi terlalu panas sehingga membuat rusak bubuk kopi yang akan dibrew. Selama ini, group head dengan desain E61 yang dapat membuat sirkulasi air panas selalu konstan mulai dari pipa hingga grouphead dan kembali lagi pada bagian heat exchanger dianggap menjadi pilihan terbaik.

Tetapi belakangan ini muncul model baru yakni saturated group head beserta variasinya yang dapat memberi keuntungan jauh lebih banyak selain mengontrol stabilitas suhu. Model group-head seperti ini biasanya dihubungkan dengan brew boiler yang membuat dapat mengalirkan air yang sudah dipanaskan dari open neck hingga ke bagian group. Jadi dapat dikatakan, group-head yang adalah salah satu bagian esensial di mesin espresso ini juga termasuk faktor penting untuk Anda cermati juga.

  • Desain & Model Mesin

Model dan desain mesin espresso, dapat dikatakan adalah sentuhan paling akhir yang menjadi daya tarik mesin espresso secara keseluruhan. Sekaligus menjadi pemikat pertama untuk menarik perhatian pembeli yang datang ke coffee shop. Coba saja andaikan Anda masuk ke coffee shop yang mempunyai Speedster di dalamnya, tentu sebagai pecinta kopi Anda akan merasa kagum. Model penampilan mesin espresso ini seperti estetika dan setidaknya yang bisa turut membranding kedai kopi itu di kemudian hari.

Kelima hal di atas ini sebenarnya hanya beberapa diantara banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli mesin espresso. Sebaiknya riset dulu sebanyak-banyaknya mengenai berbagai macam mesin espresso, baca dan cari tahu setiap detailnya sebelum Anda membeli. Keputusan untuk membeli mesin espresso ini bisa menjadi asset usaha Anda setelahnya. Apalagi mesin espresso juga menjadi salah satu penentu karakter sebuah kedai kopi.